SMP Al Irsyad Adakan Pesantren Ramadan

FOTO APURWOKERTO- Ramadan tahun ini, SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto kembali mengadakan kegiatan pesantren yang diadakan di gedung baru SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, Jalan Prof Dr Soeharso, Komplek GOR Satria.

Pada 19 Juli dan 20 Juli diadakan untuk kelas VIII dan IX putra, 23 Juli untuk kelas VII putra dan putri, dan 26 Juli serta 27 Juli untuk kelas VIII-IX putri.
Ketua Pesantren Ramadan SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, Darsitun SPdI mengatakan, para siswa sangat antusias menyambut kegiatan tersebut. “Anak-anak bersemangat. Mereka belajar lebih mandiri dalam menghadapi kebutuhan sehari-harinya. Sehingga selesai mengikuti pesantren Ramadan, anak dapat membiasakan diri tertib dalam beribadah dan bersikap lebih mandiri,” katanya.
Darsitun menuturkan, pesantren Ramadan lebih banyak dibekali dengan materi-materi keislaman, agar siswa dapat mengaplikasikan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari. “Materi yang disampaikan antara lain, adab-adab seorang pelajar, remaja dan Alquran, salat pencegah kemungkaran, fiqih puasa, bahaya teknologi dan pergaulan bebas, dan generasi rabbani (generasi yang tumbuh di bawah naungan bimbingan Allah),” paparnya.
Ketua Amaliah Ramadan SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, Ririn Nursanti SPdI mengatakan, selain diisi dengan materi keislaman, pesantren Ramadan juga diisi dengan lomba happy tahfidz, musabaqah tilawatil, dan pildarem. “SMP Al Irsyad Al Islamiyyah juga menyelenggarakan kegiatan Ramadan Mubarak (Mulia Bersama Remaja Kaffah),” ungkapnya.
Dikatakan Ririn, tujuan kegiatan Ramadan Mubarak yakni untuk meningkatkan tasaqah Islamiyyah siswa agar memiliki pemahaman secara kaffah yang diwujudkan dengan khatmil Alquran. “Kami mentargetkan setiap kelas bisa khatam 30 juz,” ujarnya. (ind/sus)

215 total views, 1 views today

Posted by on 25 July 2013. Filed under Pendidikan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

You must be logged in to post a comment Login