Rute Kentongan Diperpanjang

PURWOKERTO-Rute Kentongan untuk memeriahkan HUT Ke 68 RI yang digelar Pemkab Banyumas, Sabtu (31/8) akan diperpanjang. Alasanya untuk mengurangi berjubelnya penonton karena pendeknya rute. Apalagi jumlah peserta juga banyak.
Sebelumnya rute kenthongan diawali dari Alun-alun Purwokerto sampai ke DI Panjaitan. Namun, panitia akhirnya memutuskan rute yang dilalui mulai dari Alun-alun Purwokerto-Prempatan Srimaya-Jalan S Parman. “Rutenya mulai dari alun-alun sampai depan Hotel Tiara (Jalan S Parman). Dari Alun-alun-Srimaya-Situmpur-Hotel Tiara,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabdupar Banyumas, Amrin Maaruf saat ditemui Radarmas di kantornya kemarin (28/8).
Dia menuturkan, jumlah peserta yang ikut terdiri atas 27 kecamatan di Kabupaten Banyumas dimana peserta wajib. Selanjutnya satu peserta eksebisi yaitu dari Grup Buncis, Tambaknegara Rawalo yang pada 5 Juli 2013 pernah menjadi juara favorit Parade Seni Budaya Propinsi Jawa Tengah. Ditambah lagi ada lima peserta kentongan umum yang berasal dari Moro, Rita, BRI, Scooter Club, dan BKK Purwokerto Barat.
“Masing-masing peserta display selama tiga menit di depan panggung kehormatan yang ada di Alun-alun Purwokerto,” kata dia.
Festival Kentongan merupakan rangkaian acara tahunan Pemkab Banyumas. Karenanya, dia berharap masyarakat menyambut dengan antusias. Pemkab Banyumas sendiri sudah berkordinasi dalam pengamanan. Pada saat hari pelaksanaan, Jalan Jensud sejak Pertigaan Sawangan akan ditutup sejak pukul 19.00. Mereka yang terlibat dalam pengamanan diantaranya dari Polres Banyumas, Kodim, PM, Brimob, Damkar, Satpol PP, Linmas, Dinhub dan jajaran Pemkab Banyumas.
“Display disaksikan Pak Bupati dan jajaran DPRD. Maksimal pukul 19.30 sudah mulai display pertama. Kepada peserta, saya harap juga mempersiapkan diri dengan baik,” kata dia.
Dalam festival itu, Pemkab Banyumas memberi apresiasi bagi para pemenang. Untuk juara pertama adalah Rp 2,5 juta dipotong pajak dan juga trophy dan piala, juara dua sebesar Rp 2,250 juta, juara 3 Rp 2 juta. Bahkan, juara harapan 1-3 juga akan mendapat hadiah uang pembinaan masing-masing Rp 1,750 juta, Rp 1,5 juta dan Rp 1,250 juta.(ttg/acd)

514 total views, 1 views today

Posted by on 29 August 2013. Filed under Purwokerto. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

You must be logged in to post a comment Login