Komisi IV Kritik Pembangunan Trotoar

PURBALINGGA – Komisi IV DPRD Kabupaten Purbalingga mengkritik pembangunan trotoar jalan. Pembangunan trotoar jalan dinilai tidak sesuai dengan spesifikasi terknis yang tertera dalam kontrak. Selain itu, ada lagi dugaan daur ulang bahan material trotoar lama, untuk digunakan sebagai material trotoar baru.

Anggota Komisi IV dari Fraksi Golkar, Adi Supriyanto mengatakan, saat ini Purbalingga mencanangkan sebagai tahun pembangunan. Oleh karena itu, pembangunan harus benar-benar sesuai dengan perencanaan.

“Apalagi kalau sampai mendaur ulang material. Walaupun masih dugaan, hal itu perlu dikhawatirkan mengingat saat ini bahan-bahan material menjadi cukup mahal pasca kenaikan BBM,” tegasnya.

Ketua Komisi IV, Bambang Irawan mengungkapkan ada beberapa pembangunan trotoar yang memang tidak sesuai spek, misalnya pada pembuatan jalan air di atas trotoar. “Harusnya ada jalan air, agar trotoar tidak mudah rusak saat kondisi hujan,” ungkapnya.

Dijelaskan, sesuai komitmen Komisi IV DPRD sejak awal tahun anggaran 2013. Komisi IV akan terus memantau perkembangan pembangunan yang ada di Purbalingga, termasuk pembangunan trotoar.

“Sehingga diharapkan para rekanan dapat mengerjakan pembangunan sesuai dengan yang tertera dalam kontrak,” paparnya.

Sementara itu, Kepala DPU Purbalingga, Sigit Subroto mengatakan, pihaknya telah membahas hal ini dalam rapat koordinasi Sabtu lalu. Disebutkan faktor pengawasan baik dari pihak DPU maupun konsultan masih kurang intensif, dan harus diperbaiki.

“Ini berakibat pada kesesuaian pembangunan dengan rencana awal. Saluran air misalnya. Yang semestinya didisain cekung di antara bibr jalan dengan trotoar untuk jalur air agar tak menggenang, namun tidak didisain demikian,” jelasnya.

Selain persoalan pengawasan, persoalan material juga menjadi sorotan. Selama ini memang ada keluhan mengenai bahan material yang diletakan di bahu jalan, sehingga mengganggu kendaraan yang melintas karena jalan menjadi lebih sempit.

“Untuk itu, kami akan tertibkan segera. Dan sebelum Lebaran, ditargetkan sudah bersih guna menunjang arus mudik dan arus balik,” tegasnya.

Sebagai informasi, di Purbalingga, saat ini perbaikan dan pembangunan trotoar berada di lima titik pekerjaan yaitu Jalan A Yani, Jalan Panjaitan, Jalan S Parman, Jalan menuju RSUD Goeteng, dan Jalan Rowi Yusuf Bobotsari. (bay/bdg)

219 total views, 2 views today

Posted by on 22 July 2013. Filed under Purbalingga. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

You must be logged in to post a comment Login