Hemat Anggaran, Pelantikan Pilkades Serentak

PURWOKERTO – Sebanyak 113 Kepala Desa (Kades) yang telah terpilih dalam Pilkades gelombang dua segera dilantik. Rencananya, 113 kades akan dilantik secara langsung oleh Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein di Pendopo Si Panji, Rabu (3/7) mendatang.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Banyumas, Agus Supriyanto mengatakan, penyelenggaraan Pilkades gelombang dua telah selesai. Sementara, 21 desa yang menunda penyelenggaraan Pilkades rencananya baru akan digelar setelah lebaran. “Dari 271 Pilkades yang diselenggarakan tahun ini, masih menyisakan 21 Pilkades yang ditunda karena bersamaan dengan penyelenggaran Pilgub. Sebanyak 61 kades telah dilantik pada tahap pertama lalu, tahap dua ini ada 113 kades. Ada pula yang dilantik akhir bulan ini (Juli),” katanya.
Ia mengatakan, pelantikan secara serentak dilakukan untuk menghemat anggaran. “Selain itu yang utama adalah Akhir Masa Jabatannya (AMJ) kades bersamaan. Sementara sebelumnya, pelantikan berbeda-beda karena AMJ nya juga berbeda” jelas dia.
Penyelenggaraan Pilkades, kata dia, memang tidak terlepas dari persoalan. Biasanya, pengaduan kampanye justru muncul setelah ada penetapan kades terpilih. Secara otomatis, kata dia, jika tidak memenuhi syarat pengaduan maka dianggap gugur. “Misalnya salah satu pihak melihat ada kecurangan dalam masa kampanye, maka segera laporkan pada saat masa kampanye. Jangan sampai setelah penetapan pemenang pihak tersebut baru melaporkan dugaan pelanggaran kampanye. Hal itu yang sering terjadi,” ucapnya.
Dia meminta semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan Pilkades mendatang untuk mematuhi perundang-undangan yang berlaku. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya perselisihan atau konflik. “Kita tetap berpedoman dengan peraturan perundang-undangan. Secara umum sebetulnya berjalan lancar dan tertib, namun hal itu tidak terlepas dari permasalahan yang selalu muncul,” ujarnya memastikan perselisihan telah selesai di tingkat desa. (azz/sus)

287 total views, 1 views today

Posted by on 29 June 2013. Filed under Banyumas. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

You must be logged in to post a comment Login