Guru Wiyata Bakti Gugat Pemerintah

BANJARNEGARA – Para guru wiyata bakti yang tergabung dalam Forum Guru Honorer Indonesia (FGHI) berencana menggugat pemerintah. Sekitar 60 guru WB, Minggu (8/9) kemarin berkumpul di rumah dinas wakil bupati dan bertolak ke Jakarta.

Menurut Ketua FGHI Kabupaten Banjarnegara Marko Rohmanto, gugatan ini terkait dengan PP No 56 Tahun 2012 yang dinilai tidak adil. Dalam PP tersebut, guru yang berhak mengikuti tes CPNS adalah guru yang telah mengabis selama satu tahun per 1 Januari 2005.
Anehnya, guru wiyata bakti bisa dipensiunkan secara massal sebelum diangkat menjadi PNS. “Ini kan janggal, masa ada pensiunan wiyata bakti,” katanya.
Untuk itu, para guru WB yang rencananya bakal dibantu Yusril Ihza Mahendra akan mendesak pemerintah membekukan atau merevisi PP Nomor 56 Tahun 2012 tersebut. Selain itu, pemerintah juga diminta memasukkan guru honorer di seluruh Indonesia dalam data base, sama masa kerja (TMT) bulan Desember 2012 di BK secara transparan, dan dipublikasikan paling lambat Oktober 2013.
Lebih lanjut mereka menuntut agar pemerintah segera menuntaskan peningkatan status honorer menjadi CPNS secara bertahap sesuai data base baku BKN yang dipublikasikan di seluruh Indonesia berdasarkan urutan masa kerja dan usia kritis tanpa tes. “Kita minta agar penyelesaian honorer secara bertahap mulai tahun 2013 ini dan membatalkan CPNS tenaga honorer yang memalsukan data,” kata dia.
Dikatakannya, pihaknya juga menuntut agar oknum pegawai atau pejabat yang terlibat dalam kecurangan terkait CPNS agar diusut tuntas. Marko mengatakan keberadaan guru wiyata bakti ini cukup mengenaskan. Pasalnya mereka hanya memperoleh gaji sebesar Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu per bulannya.
Padahal, kata dia, kebanyakan guru wiyata bakti sudah berkeluarga dan memiliki anak.
“Kalau hanya mengandalkan gaji dari wiyata bakti tidak akan mencukupi, kalaupun mau berbisnis setelah mengajar badan sudah capai. Untung istri saya berjualan di pasar,” kata guru yang masih wiyata di SD Negeri 1 Pagelak Kecamatan Madukara ini.(drn/nun)

431 total views, 2 views today

Posted by on 9 September 2013. Filed under Banjarnegara. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

You must be logged in to post a comment Login