12 Desa Nunggak Raskin Bulan Juni

Paling Tinggi Rp 12 Juta
PURBALINGGA- Sebanyak 12 desa di sejumlah kecamatan tercatat masih belum melunasi pembayaran beras untuk masyarakat miskin (raskin) periode Juni. Jumlah tunggakan bervariasi, mulai dari paling kecil Rp 200 ribu hingga Rp 12 juta lebih. Data itu berdasarkan catatan Perum Bulog yang dikantongi Tim Monev Raskin Kabupaten Purbalingga.
Anggota Tim Monev Kabupaten Purbalingga, Sukismo menjelaskan, desa penunggak wajib melunasinya sebelum tanggal 30 mendatang. Jika belum bisa melunasi, maka raskin akan ditunda distribusinya. Beberapa desa tercatat langganan nunggak dan lainnya merupakan desa yang baru nunggak.
“Kami sudah berupaya melakukan pemantauan dan penagihan. Hasilnya tinggal 12 desa itu yang masih nunggak. Rata- rata alasan mereka karena pergantian kepala desa yang baru,” jelasnya, Selasa (25/6).
Dari data itu, lanjut Sukismo, palingga tnggi tunggakan di Desa Kutawis Kecamatan Bukateja mencapai Rp 12.812.000. Kemudian tertinggi tunggakan kedua di Desa Tamansari Kecamatan Karangmoncol sebanyak Rp 12.288.000. Sementara tunggakan raskin terendah ada di desa Wanogara Kulon kecamatan Rembang, Rp 200 ribu.
Selain 3 desa tersebut, desa lainnya yang masih menunggak masing- masing desa Karanggedang (Bukateja), Cipawon, Krenceng, Pengadegan, Gunungwuled, Makam, Tanalum Brobot dan Selakambang.
“Pelunasan wajib dilakukan. Karena untuk Juli akan dibagikan Raskin dua kali, yaitu regular dan tambahan. Jadi tentu harus segera dilunasi jika ingin menikmatinya,” tambahnya.
Sukismo juga menjelaskan, tahun 2013 ini raskin dibagikan menjadi 15 kali. Karena ada tambahan 3 kali yang didistribusikan pada Juli, September dan Oktober. Untuk pagu raskin tetap sama, namun pengiriman bertambah.
Lebih lanjut dikatakan, tahun ini Kabupaten Purbalingga mendapat kuota 80.377 RTS, dari tahun sebelumnya sebanyak 96.497 RTS. Sehingga, ada penurunan penerima raskin per kecamatan dan desa sekitar 16 persen. Setiap RTS mendapat jatah raskin sebanyak 15 kilogram dengan harga Rp 1.600 per kilogram. (amr/bdg)

 

 

272 total views, 1 views today

Posted by on 26 June 2013. Filed under Purbalingga. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

You must be logged in to post a comment Login